Healthyzona

Untuk Para Remaja, Vaksin Yuk!

vaksin corona

Program vaksinasi untuk anak usia 12 sampai dengan 17 tahun sudah mulai dilakukan sejak Bulan Juli lalu loh. Untuk kamu yang masuk kriteria usia di atas sudah bisa ikutan vaksin nih. Ini hal-hal yang harus kamu perhatikan agar vaksin COVID 19 dapat bekerja dengan efektif dan efisien pada tubuh.

Kondisi Fisik:

Tubuh yang sehat akan menciptakan imun yang kuat. Pastikan untuk menjaga kondisi fisik tetap stabil agar tidak mempengaruhi efektivitas vaksin dalam tubuh dengan memperhatikan poin di bawah ini. 

 

Hindari olahraga yang berat

 

Untuk yang punya hobi olahraga, sebaiknya kamu harus hindari olahraga berat minimal dua jam sebelum dan sesudah mendapatkan suntikan vaksin. Hal ini bertujuan agar aliran vaksin dalam tubuh tidak terganggu. Vaksin yang disuntikkan pertama kali akan masuk melalui otot, kemudian masuk ke aliran darah dalam tubuh untuk membentuk sistem imun yang lebih kuat untuk mengenali virus dan bisa melawan virus corona. Melakukan olahraga berat membuat denyut jantung meningkat kemudian diikuti dengan aliran darah menuju otot yang juga ikut meningkat. Hal itu tentu beresiko menyebabkan vaksin yang dibawa oleh aliran darah mengalir lebih cepat dan mengganggu proses penyesuaian vaksin dalam tubuh. Selain olahraga berat, sebaiknya hindari aktivitas yang cukup sebab olahraga berat atau berlebihan justru bisa menyebabkan penurunan daya tahan tubuh loh.

 

Cukupi kebutuhan nutrisi dengan suplemen

 

Nutrisi sangat dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap stabil, maka dari itu penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, vitamin dan mineral, baik itu sebelum dan sesudah mendapatkan vaksin. Selain makanan yang sehat dan bergizi, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan agar tubuh semakin kuat dan kebal terhadap penyakit, termasuk resiko penularan COVID 19.

 

Tidur yang cukup minimal 7-9 Jam

 

Nah, kalau kamu masih suka begadang, mending udahan deh, nggak baik untuk kesehatan terlebih jika kamu mau vaksin! Karena sebelum jadwal vaksin, sangat dianjurkan untuk tidur yang cukup minimal 7 sampai 9 jam setiap malam. Kualitas tidur yang baik juga membuat tubuh lebih segar dan bersemangat, begitu sebaliknya jika kurang tidur maka tubuh akan terasa lemas dan daya tahan tubuh akan semakin menurun. Untuk yang sulit tidur, kamu bisa mulai mengatur pola tidur dengan membiasakan diri tidur tepat waktu, mangonsumsi makanan yang sehat dan rajin olahraga serta hindari penggunaan gadget yang berlebih saat malam hari.

 

Konsultasi ke petugas medis mengenai riwayat kondisi medis

 

Sebelum mendapatkan vaksin, tentu saja kamu disarankan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter jika memiliki riwayat penyakit kronis seperti asma, jantung atau penyakit darah agar lebih aman dan mendapatkan pengobatan intens. Karena salah satu syarat mendapatkan vaksin bagi penderita penyakit kronis adalah dengan catatan kondisi sehat dan terkontrol dengan pengobatan. Kamu bisa mengajak orang tua untuk mendampingi proses konsultasi dengan dokter yang selanjutnya dokter akan mempertimbangkan apakah kamu boleh mendapatkan vaksin atau nggak.

Kelengkapan Dokumen:

Selain kondisi fisik yang harus diperhatikan, kamu juga harus membawa dokumen berikut ini saat vaksin. Apa saja ya?

 

Fotokopi Kartu Keluarga

 

Kamu wajib membawa fotokopi Kartu Keluarga yang menunjukkan Nomor Induk Kependudukan untuk keperluan pendataan diri sebagai penerima vaksin. Ini merupakan syarat dokumen yang wajib kamu bawa saat vaksin.

 

Siapkan Kartu Kendali Vaksin

 

Pelaksanaan vaksinasi COVID 19 bagi anak usia 12 hingga 17 tahun akan menggunakan format skrining kartu kendali bagi anak. Oleh sebab itu, kamu perlu menyiapkan kartu kendali vaksin dan membawanya saat jadwal vaksin COVID 19.

Nah, jangan sampai ada yang terlewatkan ya, Gaes! Kamu juga harus mandi pakai Sabun Buah Harmony varian Orange Satsuma sebelum pergi vaksin biar mood kamu terjaga sepanjang hari. Yuk, sama-sama kita sukseskan program vaksin dari Pemerintah dan tetap jaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker double, jaga jarak dan selalu membawa hand sanitizer.