Healthyzona

5 Tanda Persahabatan Kamu akan Awet sampai Selamanya

Semua cewek pasti pengen doang punya bestie yang bisa diajak happy-happy dan “menggila” bersama. Tapi apa sahabat yang selalu bisa diajak menggila dan ngelakuin hal menyenangkan sama kamu bakal selamanya jadi your BFF (Best Friend Forever)? Gimana kalo ternyata dia tiba-tiba ngilang gitu aja, atau ninggalin kamu gegera udah nemuin bestie baru yang lebih seru?

 

Sebenernya, masalah persahabatan itu sama kok kayak masalah percintaan, gaesyou have to be loyal dan banyak-banyak kompromi. Well, biar nggak penasaran apakah dia adalah sahabat kamu yang bakal awet selamanya, nih milak 5 tandanya!

 

Sama-sama merasa selalu didengarkan

Seorang sahabat harus bisa jadi pendengar yang aktif, apalagi kalo temen kamu lagi sedih. Dengerin cerita temen kamu dengan seksama baka jauh lebih baik buat dia, dibanding kasih saran atau solusi yang belum tentu sesuai ama isi hatinya. Kadang teman itu cerita bukan buat cari solusi, tapi cuma pengen didengerin aja kok. So, be a good listener ya, gaes!

 

Peka saat sahabatmu ngerasa terpuruk

Sama kayak love life, dalam hubungan persahabatan itu, kudu ada salah satu yang peka sama masalah yang dihadapin sahabatnya. Yup, kadang ada tipe teman yang punya pacar baru dan mendadak jadi bucin (budak cinta) dan lupa sama temen-temennya. Eh, dia bakal datang waktu udah putus sama pacarnya. Jelas, temen yang kayak gini bukan BFF. Kalau best friend forever, bakal jagain perasaan dan hubungan dalam segala kondisi. 

 

Sama-sama bersikap proaktif 

Menurut Dr. Irene S Levine, Ph.D, psychologist and professor of Psychiatry at the NYU School of Medicine, persahabatan antara dua orang atau lebih, harus punya kesetaraan dalam hubungan. Jadi give and take dalam persahabatan juga kudu harus dijaga dengan seimbang, jangan cuma dibebanin dari satu pihak. Misal, kalo temen kamu udah biasa rencanain waktu hangout, gantian dong kamu yang bikin planning tempat makan. 

 

Mengkritik disaat yang tepat dengan baik

Kritik adalah satu hal yang membangun, tapi kalo kamu cuma ngasih kritik yang pedas dan nggak mikirin perasaanmu. They’re not your best friend, gaes! Seorang teman yang baik bakal selalu memberikan dukungan buat kamu, bukan malah kasih kritik yang bikin kamu malah down. Dr. Levine, mengatakan kalo seorang teman yang baik bakal membatasi diri mereka buat lontarkan kritik yang pedes. Kalo emang mau kasih kritik, ngomongnya yang baik, gaes!

 

Nggak menghilang tanpa kejelasan

Seorang teman yang baik, pasti bakal selalu meluangkan waktunya buat keep in touch with a good friend dan kenapa dia jarang bisa ketemu belakangan ini. Yup, gaes! Mungkin kamu atau sahabatmu pernah ngilang semingguan karena masalah cinta atau masalah lain jadi udah nggak bisa mikirin hal lain. Tapi seenggaknya kamu masih bisa komunikasi via teks atau video call. 

 

Show Your Love Pada Bestie Kamu dengan Sabun Harmony!

Dari kelima tanda di atas, apakah sahabat kamu termasuk Best Friend Forever? Kalau iya, yuk kasih hadiah sahabat sabun buah Harmony sebagai tanda kalau kamu sayang banget sama dia. Sabun buah Harmony bisa jadi teman refresh sahabat kamu tiap hari supaya selalu wangi dan #MoodJadiOK. Apple Fuji & Melon Honeydew, Lemon Citrus & Orange Satsuma, dan Strawberry Alpine & Grape Sparkling, pilih aroma buah mana yang sahabat kamu suka. Show your love with Harmony!