Healthyzona

Suka Mandi Air Dingin atau Air Hangat? Cek Manfaatnya, yuk!

Mandi Air Dingin atau Air Hangat

Setiap orang memiliki selera masing-masing saat mandi. Ada yang suka mandi dengan air dingin, ada juga yang lebih memilih mandi dengan air hangat. Diantara keduanya nggak ada yang salah. Karena mandi, baik dengan air dingin maupun air hangat, sama-sama memiliki manfaat. Berikut beda manfaat mandi air dingin dengan air hangat.

 

Manfaat Mandi Air Hangat:

 

1. Melancarkan peredaran darah

Mandi dengan pancuran air hangat bisa memperlancar sirkulasi darah lho, hal ini dibuktikan dengan sebuah laporan penelitian tahun 2014 yang menunjukkan bahwa penderita gagal jantung yang menggunakan air hangat untuk merendam kaki dan mandi dapat menyehatkan jantung, sebab pembuluh darah akan melebar ketika berinteraksi dengan temperatur yang tinggi. Mandi dengan air hangat juga mampu meredakan pembuluh darah yang kaku.

 

2. Melemaskan otot-otot yang tegang, kaku, dan nyeri

Sebuah penelitian pada pengidap penyakit Ehler-Danlos atau penyakit yang membuat tubuh penderitanya sangat ringkih membuktikan bahwa mandi dengan air hangat dapat melemaskan otot-otot yang tegang dan kaku sehingga membuat otot menjadi lebih rileks dan mampu meredakan nyeri. Saat sedang mandi air hangat, cobalah untuk memijat atau menggerak-gerakkan leher dan bagian tubuh lainnya yang dirasa kaku. 

 

Baca Juga :   Intip Yuk Beberapa Tren Style Rambut 2020

3. Mengurangi stres dan cemas

Saat merasa stres dan cemas, kamu disarankan untuk mandi menggunakan air hangat karena dengan cara tersebut apa yang kamu rasakan saat itu dapat teratasi. Manfaat mandi air hangat bisa membantu mengurangi stres dan membuat suasana hati menjadi lebih baik lagi karena air hangat membantu merangsang otak memproduksi hormon oksitosin yang membuatmu merasa lebih tenang dan positif, sehingga dapat melawan hormon kortisol yang ada di dalam tubuh.

 

4. Mencegah insomnia dan gangguan tidur

Manfaat lainnya dari mandi menggunakan air hangat adalah mampu mengatasi gangguan tidur dan menciptakan kualitas tidur yang baik. Mandi air hangat 90 menit sebelum tidur membuat kita tertidur lebih cepat. Tentu saja hal ini juga mampu meningkatkan kualitas tidur dan mencegah insomnia, sebab mandi air hangat memberikan efek tenang pada tubuh dan pikiran yang membuat suasana hati menjadi lebih senang sehingga membantu kita tidur dengan pulas sepanjang malam.

 

Baca Juga :   5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Ambil dari Kesuksesan BTS

Manfaat Mandi Air Dingin:

 

1. Menyegarkan pikiran

Mandi dengan air dingin di pagi hari membuat tubuh menjadi lebih segar dan mencegah kantuk, sehingga dapat menyegarkan pikiran dan membuat kita lebih siap menghadapi aktivitas sehari-hari. Saat mandi di pagi hari dengan air dingin, tubuh akan mengalami kejutan kecil yang membuat pikiran menjadi lebih awas, meningkatkan asupan oksigen dan detak jantung. Suhu air yang dingin juga membantu memicu otak memproduksi hormon norepinefrin yang merupakan sejenin hormon adrenalin yang membantu meningkatkan kewaspadaan. 

 

2. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Nggak cuma menyegarkan pikiran, mandi dengan air dingin juga membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit lho, sebab air dingin membuat kulit menjadi lebih lembab dan kenyal juga mengencangkan kutikula rambut lewat pengerutan pembuluh darah. Selain itu, mandi dengan air dingin dipercaya mampu membuat rambut menjadi lebih bersih, halus dan tidak mudah rontok.

 

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa suhu air yang dingin mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika mandi menggunakan air dingin, tubuh akan memproduksi protein dan membantu merangsang produksi sel darah putih atau leukosit yang berfungsi untuk melawan infeksi dalam tubuh dan membantu tubuh melawan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit, seperti flu dan pilek.

 

Baca Juga :   Dijamin, 3 Rekomendasi Film Ini Akan Membuat Kegiatan Belajar Bahasa Inggrismu Lebih Seru!

4. Meredakan depresi

Tak hanya air hangat yang bisa meredakan depresi, ternyata mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi gejala depresi. Ketika mandi menggunakan air dingin, maka tubuh juga akan memicu pelepasan hormon endorfin yang membuat suasana hati menjadi lebih bahagia. Inilah mengapa mandi pagi dengan air dingin bisa dicoba saat merasa sedang depresi atau saat sedang merasa cemas. Selain menyegarkan pikiran, air dingin yang bersentuhan dengan kulit akan mengirimkan sinyal ke otak untuk tetap aktif dan terjaga.

Sudah jelas kan, perbedaan manfaat mandi air dingin dan air hangat. Sekarang pilihan ada di kamu, mau mandi dengan air apa. Jangan lupa sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan ya!