Healthyzona

Gak cuma Olahraga, 6 Kebiasaan Ini Bikin Tubuhmu makin Sehat, Lho!

Sadar gak sih Gaes kalo sejak adanya COVID-19 gaya hidup masyarakat Indonesia juga berubah. Sekarang kamu lebih sering nemuin orang olahraga bareng ketimbang nongkrong bareng, ya kan?

Nggak salah sih, emang di tengah pandemi gini kesehatan itu kudu nomor satu. Sekali kamu gak sehat, bakal jadi lebih mudah terpapar virus COVID-19. Selain rajin olahraga, coba deh kamu terapin kebiasaan simpel ini biar tubuh makin sehat dan gak gampang sakit!

  1. Jaga Pola Makan 

Sehat itu ditentuin bukan cuma dari seberapa banyak olahraga yang udah dilakuin, tapi juga dari makanan yang masuk ke tubuhmu. Makanya olahraga bisa maksimal kalo diimbangin sama pola makan sehat. Kamu kudu makan teratur, banyakin makan buah ama sayur, dan hindari makan fast food.

  1. Tidur Cukup

Hmmm…masih suka begadang atau tidur pagi? Kurang-kurangin deh! Soalnya tubuh yang sehat gak bakal bisa kamu dapetin kalo tidur nggak cukup, Gaes! Kamu kudu tidur seenggaknya 8 jam sehari. Usahain jam 10 malam kamu udah merem ya, jangan main gadget terus!

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh 

Tubuh kamu sebagian besar terdiri dari cairan, makanya kudu rajin minum air putih minimal 8 gelas sehari atau 1,5 liter. Kekurangan cairan tubuh bisa bikin aliran darah dan aliran oksigen di pembuluh darah jadi keganggu, akibatnya darah jadi tambah kental. Fungsi organ pun jadi ikut terganggu. 

  1. Suka Minum Air Hangat

Pengobatan Tiongkok dan India kuno meyakini bahwa memulai hari dengan segelas air hangat bisa bantu ngelancarin sistem pencernaan dan kasih sejumlah manfaat kesehatan lain. Sejumlah peneliti nemuin kalo air hangat bisa ngelancarin hidung tersumbat dan bikin kamu ngerasa lebih tenang. Minum air hangat setiap selesai makan atau seenggaknya 3 sampai 4 kali seminggu, yang rutin!

  1. Positive Thinking

Tubuh yang sehat dimulai dari pikiran yang sehat pula, makanya berpikir positif penting banget buat kesehatan kamu. Kalo kamu suka nethink, tubuh kamu bakal nyerap banyak energi negatif yang memicu stress. Kalau kamu udah stress, tubuh jadi gampang kena penyakit. Oh ya, kamu juga kudu menghindari orang-orang yang punya negatif vibe supaya energi positif kamu nggak habis buat ngeladenin pengaruh negatif dari mereka. 

  1. Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Kamu sering nggak sadar kalo di sekitarmu ada banyak bakteri, virus, dan kuman yang bisa jadi potensi penyakit. Biasain buat menjaga kebersihan diri sendiri dengan rajin cuci tangan, terutama sebelum makan atau setelah kamu pegang benda-benda asing. Buat meminimalisir penyebaran virus COVID-19, selalu pake masker dan bawa hand sanitizer.

Nggak cuma itu, kamu juga kudu ngejaga kebersihan badan. Tiap abis aktivitas outdoor jangan lupa mandi pakai Sabun Buah Harmony supaya badan bersih, segar dan wangi. Sabun Buah Harmony punya tiga varian, yaitu  Apple Fuji & Melon Honeydew, Lemon Citrus & Orange Satsuma, dan Strawberry Alpine & Grape Sparkling yang bisa bikin #MoodJadiOK. Kalo #MoodJadiOK pikiran kamu jadi lebih postif buat jalanin aktivitas di tengah pandemi, bukan?